PENGGANTIAN REL DI EMPLASMEN CIKARANG
18 Oktober 2017

Jalan rel adalah satu kesatuan konstruksi yang terbuat dari baja, beton, atau konstruksi lain yang terletak di permukaan, di bawah dan di atas tanah atau bergantung beserta perangkatnya yang mengarahkan jalannya kereta api.

Rel adalah pijakan tempat berjalannya roda Kereta Api yang berfungsi untuk meneruskan beban roda ke bantalan. Rel merupakan dua batang rel kaku yang sama panjang dipasang pada bantalan sebagai dasar landasan dan diikat pada bantalan dengan menggunakan paku rel, sekrup penambat, dan Pandrol. Rel adalah prasarana perkeretaapian yang wajib dijaga perawatanya.

Berdasarkan PM 32 Tahun 2011, bahwa Setiap penyelenggara prasarana perkeretaapian wajib melakukan perawatan terhadap prasarana yang dioperasikan untuk mempertahankan keandalan prasarana perkeretaapian agar tetap laik operasi.

Apabila teridentifikasi kerusakan atau kecacatan pada rel kereta api maka dilakukan perbaikan/ penggantian. Hal tersebut dilakukan agar terciptanya keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta api. Sebelumnya dari pihak Operasi akan mengkoordinasikan bahwa akan dilakukan penggantian rel. Penggantian rel tersebut dilakukan di Emplasmen Cikarang. Setelah itu mempersiapkan material (Rel) untuk penggantian rel eksisting, kemudian disortir terlebih dahulu untuk memilih material yang layak dan baik. Setelah itu material dibawa ke titik dimana akan dilakukan penggantian.

Kegiatan Penggantian Rel dilaksanakan oleh beberapa pekerja dengan gabungan dari unit Sintel dan JJ PT KAI (Persero). Pertama, rel yang ingin diganti dipotong dengan mesin cutting, lalu seluruh penambat dalam rel eksisting tersebut dilepaskan, setelah penambat terlepas, rel yang telah dipotong tersebut dipisahkan dan diangkat dengan alat yang bernama katrol. Rel eksisting diangkut keluar, lalu rel yang baru/ rel pengganti diangkut dengan alat yang sama dan ditempatkan ke posisi rel yang ingin diganti keatas bantalan. Setelah diletakan ke atas bantalan dengan celah yang sudah dipastikan rapat, kemudian dipasang plat sambung dan dilanjutkan dengan pemasangan seluruh penambat rel dan kabel-kabel bounding dari sintel. Setelah semua sudah terpasang dengan baik maka dilakukan pengelasan pada rel di titik sambungan atau titik potongan eksisting rel yang telah diganti.